News Ticker

Menu

Download contoh personal statement atau statement of purpose untuk kuliah di luar negeri (Bahasa Inggris)

Personal statement tau statement of purpose (SoP) adalah salah satu dokumen yang diminta ketika kita mendaftar untuk sekolah atau kuliah di luar negeri. Personal statement umumnya berisi perkenalan diri, latar belakang singkat, prestasi dan hal yang membanggakan, serta tujuan lanjut dan alasan memilih institusi yang kita daftari. Perlu diketahui personal statement atau statement of purpose terdiri dari bagian umum dan bagian spesifik.


Bagian Umum

Bagian umum SoP biasanya berisi uraian tentang diri sendiri, riwayat pendidikan, pengalaman relevan, dan menjawab pertanyaan umum yang diharapkan untuk disampaikan (biasanya kampus-kampus punya general questions tentang pendidikan atau pengalaman lainnya yang ingin diketahui). Bagian umum ini boleh sama dan jadi template pribadi SoP yang nanti di-submit ke kampus-kampus yang ingin didaftari.

Beberapa hal yang biasanya dimasukkan ke bagian umum antara lain:

  1. area riset yang diminati (serta sedikit penjelasan kenapa riset itu menarik)
  2. pengalaman khas di kampus yang membangun dan sesuai dengan bidang kompetensi
  3. alasan ingin lanjut kuliah
Ini salah satu contoh yang dikutip dari Purdue.

My interest in science dates back to my years in high school, where I excelled in physics, chemistry, and math. When I was a senior, I took a first-year calculus course at a local college (such an advanced-level class was not available in high school) and earned an A. It seemed only logical that I pursue a career in electrical engineering. ---> (poin 1)
When I began my undergraduate career, I had the opportunity to be exposed to the full range of engineering courses, all of which tended to reinforce and solidify my intense interest in engineering. I've also had the opportunity to study a number of subjects in the humanities and they have been both enjoyable and enlightening, providing me with a new and different perspective on the world in which we live.  ---> (poin 2)
In the realm of engineering, I have developed a special interest in the field of laser technology and have even been taking a graduate course in quantum electronics. Among the 25 or so students in the course, I am the sole undergraduate. Another particular interest of mine is electromagnetics, and last summer, when I was a technical assistant at a world-famous local lab, I learned about its many practical applications, especially in relation to microstrip and antenna design. Management at this lab was sufficiently impressed with my work to ask that I return when I graduate. Of course, my plans following completion of my current studies are to move directly into graduate work toward my master's in science. After I earn my master's degree, I intend to start work on my Ph.D. in electrical engineering. Later I would like to work in the area of research and development for private industry. It is in R & D that I believe I can make the greatest contribution, utilizing my theoretical background and creativity as a scientist. ---> (poin 2 dan alur untuk masuk ke poin 3)
Bagian Spesifik
Yang saya maksud dengan bagian spesifik dari SoP adalah yang khusus menunjukkan ketertarikan ke kampus tertentu. Ini sangat penting menunjukkan kamu sudah berusaha menggali info lebih dan memang yakin bahwa kampus yang kamu pilih memang yang paling cocok dan yang paling kamu inginkan, tidak sekedar 'coba-coba, siapa tau rejeki'. Namun, perlu diingat bahwa jangan terlalu 'lebay' juga. Reviewer adalah orang-orang yang bisa membedakan mana yang memang cari tau lebih dan mana yang sekedar 'menjilat'.

Untuk itu, bagian spesifik harus dibuat untuk tiap kampus yang didaftari. Beberapa poin yang bisa dimasukkan antara lain:

  1. reputasi kampus (ranking kampus atau jurusan)
  2. reputasi dosen (tenaga pengajar yang terkenal, riset yang dijalankan dan menarik)
  3. kurikulum dan program pendukung yang bonafit (misal kerjasama dengan industri untuk magang atau kolaborasi riset dengan pusat riset ternama)
  4. situasi kota yang nyaman dan komunitas yang mendukung (misalnya fasilitas untuk siswa internasional, cuaca dan iklim yang bersahabat, aktivitas penduduk lokal yang sangat menarik, atau peran pemerintah lokal yang sangat menunjang studi mahasiswa)
Urutannya tentu tidak harus bagian umum dulu baru bagian spesifik, bisa ditukar atau bisa juga digabung, bergantung pada kreativitas penulis. Saran umumnya (rule of thumb) adalah gunakan kata "I" sebisa mungkin dan jadikan ini sebagai momen curhat dan self-marketing, kenapa kamu kandidat unik. Ingat, SoP adalah pengganti wawancara bagi beberapa kampus, jadi deskripsikan diri kamu sebaik mungkin. Berikut beberapa link untuk mendownload contoh essay SoP yang kami kategorikan ke semi-formal dan formal. Silahkan pilih gaya menulismu masuk yang mana, semi-formal atau formal :)

Formal
Semi Formal


Disclaimer: contoh ini dikumpulkan dari beberapa sumber, termasuk beberapa mahasiswa Indonesia yang berhasil kuliah di luar negeri yang bersedia membagikan SoP-nya (list ini akan terus diupdate, terakhir diupdate pada 26 Sept 2016).


Bagi teman-teman yang butuh kritik, saran, atau anonymous peer review untuk SoP-nya, silahkan kirim SoP-nya ke sop@kreasipelajar.org, nanti akan kami follow up. Semua SoP-nya yang masuk ke sop@kreasipelajar.org akan direview tim KreasiPelajar dan TIDAK AKAN DIPUBLIKASIKAN DI MANAPUN TANPA IZIN TERTULIS dari penulisnya :)

Share This:

Komunitas Kreasi Pelajar (KASPER)

KASPER adalah komunitas pelajar yang bersifat non-profit dan berafiliasi dengan berbagai komunitas lainnya untuk menyediakan konten yang bermanfaat bagi rekan-rekan pelajar di manapun berada. Hingga saat ini, karya KASPER berupa karya tulis berupa buletin cetak, buletin online, dan blog. Untuk menghubungi KASPER, email komunitaskreasipelajar@gmail.com.

No Comment to " Download contoh personal statement atau statement of purpose untuk kuliah di luar negeri (Bahasa Inggris) "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM